psikologi [siri 1] kenali karekter anda






Visual, Auditori, dan Kinestetik

 1. Karakter Visual
Orang yang memiliki karakter visual, biasanya bola matanya ketika dia berfikir berada di atas. Bergerak ke kanan dan kekiri tapi ia memandang ke atas, orang jenis ini adalah orang visual. Karakter orang visual adalah ia yang suka dengan segala sesuatu yang indah, menawan atau apapun yang dipandang cantik.

2. Karakter auditori.
Orang yang memiliki karakter auditori, bola matanya biasanya berada di tengah tengah, jadi datar ketika ia berfikir. Orang jenis ini, ia lebih senang terhadap segala sesuatu yang menimbulkan suara. Ia senang di puji, di agungkan atau segala sesuatu yang dapat menyenagkan telinganya. Karakter jenis ini juga biasanya cepat belajar dari pendengarannya, ia kadang tidak memperhatikan apa yang di dengarnya tapi apa yang di ucapkan akan lebih tertanam.

3. Karakter kinestetik
Karakter jenis ini adalah karakter yang lebih memandang suasana atau lingkungan. Suasana yang romantis, suasana yang menyentuh dan lain sebagainya. Sisi perasaan dan lingkungan yang paling di perhatikan oleh orang karakter kinestetik. Kalau anda ingin mengajak karakter jenis kinestetik, berikan suasana yang redup, musik yang lirih tapi syahdu dan benar benar bisa di rasakan menari.

Selain dari bola mata, kita sebenarnya bisa menilai karakter seseorang itu dari kecenderugannya. Misalnya, mana yang sering anda pakai 'kelihatannya, kedengarannya, rasa rasanya'. Misalnya anda mengungkapkan demikian, 'kedengarannya menarik' berarti anda tips orang yang auditori. Kalau anda bilang, 'kelihatanya bagus' berarti anda orang visual dan begitu seterusnya.

 
----

 

Tip Visual. Mereka dengan tip ini lebih menyukai belajar ataupun menerima informasi dengan melihat atau membaca. Bila berkomentar demikian; Hal itu bisa saya lihat sekarang. Saya ingin mengetahui gambaran detailnya. Kelihatannya perbuatan orang itu benar. Saya bisa membayangkan betapa menderitanya anda. Saya harus menyusun dulu skema kerjanya. Adapun ciri-ciri yang lain;
(1) Mudah mengingat apa yang dilihat
(2) Lebih senang membaca sendiri
(3) Dapat membaca cepat
(4) Dapat membayangkan kata-kata
(5) Tidak terganggu oleh suara
(6) Berpenampilan rapi
(7) Menyukai mendemontrasikan daripada menjelaskan
(8) Kebiasaan mencoret-coret
(9) Menyukai seni yang tidak berhubungan dengan musik.

Tip Auditorik. Mereka cenderung belajar atau menerima informasi dengan mendengarkan atau secara lisan. Biasanya perkataannya; Perkataan orang itu kedengarannya benar. Saya dengar apa yang kamu bilang. Dengarkan saya dulu. Saya dengar anda tidak senang atas perlakuan orang itu. Adapun ciri-ciri yang lain adalah;
(1) Lebih senang belajar dengan cara mendengarkan
(2) Mudah mengingat yang diterangkan daripada melihat
(3) Membaca dengan bersuara
(4) Mudah terganggu oleh suara berisik
(5) Biasanya pembicara ulung
(6) Senang berbicara dan berdiskusi
(7) Lebih menyukai musik.

Tip Kinestetik. Lebih menyukai belajar atau menerima informasi melalui gerakan atau sentuhan. Biasanya kata-katanya; Rasanya hal itu ada benarnya. Saya kesulitan menangani masalah itu. Coba beri saya contoh konkritnya. Saya masih belum menemukan kepastian. Sepertinya kata-kata orang itu bisa saya pegang. Adapun ciri-ciri yang lain adalah:
(1) Tidak bisa diam saat belajar
(2) Tidak dapat duduk diam dalam jangka waktu yang lama
(3) Mendekati orang yang diajak berbicara
(4) Menggunakan jari sebagai petunjuk
(5) Suka menyentuh orang saat bicara
(6) Sulit mengingat tempat bila belum pernah ke sana
(7) Menyukai bahasa isyarat
(8) Menyukai seni tari.
Selain ketiga tip tersebut, ada pula yang memiliki tip gaya belajar gabungan, misalnya yang tip belajarnya audio visual, audio-kinestetik, visual-kinestetik, atau gabungan ketiganya. Tentu saja, orang yang memiliki gabungan ketiganya semakin mudah dalam menangkap pelajaran.

*sumber dari :  internet.




"SimpLe minds are satisfied by simpListic expLanatiOns." You can’t have goOd ideas, if yOu dOn’t have a Lot of ideas ! :: siMpLe-sHida ::